Jumat, 17 Juni 2016

Nilai Kelulusan Ujian Sekolah Esa


Bukan Sombong ya, aku cuman mau ngasih tau aja. 
BTW, kalau udah ada yang dapet nilai ujian sekolahnya tahun ini, langsung bisa comment di bawah ya. Nanti kita ngerumpi pelajaran kayak kita anak pinter gituu... #plak
*jantung berdebar-debar* -nyanyi-
Kalau nggak keliahatan, bisa di click.
  • Nilai Bahasa Indonesia; 88,0
Menurut kalian, wajar enggak sih nilai bahasa Indonesia kalau di ujian sekolah itu enggak nilai 9? Menurut aku wajar, meskipun pelajaran favorit aku, tapi susah banget isinya. Soalnya mudah, option-nya aja yang ambigu. Jadi bingung buat milih a, b, c atau d. Anak nge-blog itu kalau dipikir-pikir, nilai bahasa-nya bagus. Tapi kalau udah jleb masuk ujian udah susaaaahh banget. Mikirnya yang lama. Di hati milih A, di mulut pilih B. Nah, kayak gitu lah intinya.
  • Nilai Matematika : 97,5
Bagus? Yap, menurut aku bagus. Dari 40 soal yang ada, hanya salah satu. Dan aku nggak tau mana yang salah. Tapi, temen aku ada yang dapat sempurna kok. Kalau kalian mikir matematika itu sulit, emang sulit dari pandangan mata. Dari pandangan hati, kayak ada gampang gitu. Intinya kalau kita mau mengerjakan matematika itu, harus banyak berlatih dulu latihan soal-soal. Soal matematika itu, tak  hanya 'itu itu' terus. Misalnya 1 + 1 = 2. Tidak hanya itu. Mungkin juga bisa 2 + 1 = 3. Matematika itu luas, bisa diubah sesuai dengan kemauan orang yang membuat soal matematika itu sulit.

Rumit? Yap, memang rumit. Kita harus ngitung jumlahnya ini, terus selisih ini, jangan lupa FPB/KPK-nya, lalu dikurangin ini, gitu kan? Rumit? Iyaaa rumittt...
Contoh: Bangun persegi panjang punya panjang 12 cm dan lebar 5 cm. Hitunglah luasnya!
Jawab: Rumus = panjang x lebar
                       = 12 x 5
                       = 60  cm2
Dibalik aja : Sebuah bangun persegi panjang, mempunyai luas 60 cm2. Lebarnya diketahui 5 cm. Berapakah sisi panjangnya?
Jawab: Rumus = Luas : Lebar
                       = 60 cm : 5
                       = 12 cm. Jadi kan?
Intinya, matematika itu nggak rumit kok, yang penting, kita harus banyak berlatih soal dan pelajari materi-materi yang belum mengerti. Kalau ada yang tidak mengerti, jangan sungkan untuk bertanya dengan guru.
  • Nilai Ilmu Pengetahuan Alam : 90,0
Standart, salah 4. Target padahal salah dua. Tapi nggak papa, kan. Ini pelajaran kelemahan aku juga. Di kelas 6 itu, hampir semua mata pelajaran IPA dari kelas 4 sampai kelas 6 dicakup semuanya. IPA itu mudah jika kita sering melihat sekitar kita dan ekspedisi #apaan_tuh?

Kadang kita nggak tau, ada nama hewan yang belum kita tahu.Cara beradaptasi-nya gimana dan lain-lain. Kan juga itu ya, tubuh manusia banyak hafalannya. Lalu, ciri-ciri planet-planet, energi, alam dan kimia-kimia gitu. Guru IPA aku itu punya seringai yang baik hati, kalau marahnya aja udah bikin mengheningkan cipta. Karena ketegasan itu, aku juga sering latihan soal. Dan intinya juga latihan soal kok.

Sekian dulu ceramah dari aku, semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. Esa matematikanya hebat ya!Aku dulu cuma dapat dibawah 7.Sedih banget dapat nilai segitu.Klo IPA aku lupa.Bhs.Indonesia dapat nilai 80,00

    BalasHapus
  2. Nilai UN SD aku yang MTK juga 97,5 lho! Tapi B. Indonya cuma 86 :'(

    BalasHapus