Kamis, 29 Juni 2017

Kenapa Keyboard Kita "QWERTY" Bukan "ABCDE"?

keyboard :)
Hallo lagi teman-teman!
Apakah kalian pernah berpikir kalau keyboard itu kenapa nggak dipasang menurut abjad "ABCDE?" tapi malah diurutkan "QWERTY" ?? QWERTY memangnya apa ya? Sejenis makanan? Hewan? Benda? Sampah? #mbuh..
Mari kita simak bacaan yang berfaedah berikut ini :)
Hasil gambar untuk qwerty
keybooard lagi :v
Aku udah nyari beberapa sumber di internet tentang misteri QWERTY yang ada di keyboard HP maupun laptop yang kita gunakan. Dan hasilnya adalah : ....

Keyboard muncul pertama kali masih dalam bentuk mesin ketik pada tahun 1868 yang ditemukan oleh Christopher Latham Sholes. Mesin ketik yang diciptakan pertama kali itu masih sangat sederhana. Masih memakai tangkai sehingga ketika ditekan tangkai tersebut akan bergerak dan akan mencetak huruf pada kertas yang sudah disediakan.

Pada saat itu Christopher menciptakannya masih urut sesuai abjad ABCD dan bukan seperti keyboard QWERTY jaman sekarang. Dengan susunan yang sesuai abjad tersebut memang hasil ketikan menjadi lebih cepat dan lebih mudah karena memang orang sudah hafal letak huruf-huruf sesuai abjad. 

Namun di sinilah muncul masalah baru, mesin ketik yang masih menggunakan tangkai tersebut seringkali macet gara-gara orang dapat mengetik terlalu cepat sehingga masing-masing tangkai akan saling berhimpitan. Chistopher merasa penemuan tersebut masih membutuhkan perhatian.

Hasil gambar untuk qwerty
keyboard lagi dan lagi
Gara-gara masalah ini akhirnya pada tahun 1873 seorang ilmuwan bernama E. Remington mencetuskan untuk mengacak huruf keyboard sedemikian rupa sehingga akan memperlambat kinerja mengetik seseorang, dengan tujuan dapat mencegah kerusakan pada mesin ketik. 

Pada saat itu hanya cara tersebutlah yang dapat dipakai karena para ilmuwan belum dapat menyempurnakan keyboard seperti sekarang ini. Kombinasi huruf QWERTY tersebut dianggap E.Remingkon adalah kombinasi paling sulit dan memang benar cara tersebut dapat mengurangi tingkat kerusakan mesin ketik pada masa itu. 

Ketika komputer ditemukan pun sebenarnyan mengetik cepat dengan menggunakan abjad ABCD tentu sebenarnya bukan masalah lagi karena tidak akan membuat keyboard macet. Namun kerena sudah lamanya menggunakan keyboard QWERTY, maka hal ini sudah menjadi kebiasaan sehingga tidak perlu diganti ke abjad ABCD lagi.

Klik juga video-nya dari YouTube, tentang QWERTY ..!!

Terima kasih! Semoga bermanfaat untuk kalian guys. Dan info ini bersumber dari :
www.brilio.net
See you next time!
Hasil gambar untuk qwerty
Keyboard penutup #lol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar