Rabu, 13 Juni 2018

Berkedip Tidak Selalu Salah (Manfaat Mengedipkan Mata)


Oke, sejujurnya aku dapat ide buat nge-share ini dari GIF diatas. Tau kan? Setiap member EXO ngasih Aegyo dengan kedipan mata. Hal ini bikin aku mau posting tentang manfaat ngedipin mata, hal yang sepele namun perlu kamu perhatikan, gengs. BTW, GIF diatas nunjukkin kesehatan mata kita plus kesehatan jantung :P

Hasil gambar untuk gambar mata

Simpelnya nih, ya, kedip itu gerakan kelopak mata yang berganti-ganti. Ini merupakan hal-hal yang sepele, tapi perlu kalian perhatikan dengan baik. Dengan mengedipkan mata, kita mampu terfokus pada suatu hal. Tapi kalian pernah mikir juga kalau kedipan mata itu bisa berarti usil, kayak ada seorang cowok yang enggak kita kenal tiba-iba ngedipin mata ke kita, idih...

Nah, sebaiknya kalau kita bertemu dengan asing, kita perlu membatasi kedipan mata kita. Jangan kedip terus kayak lampu diskotik, kedap-kedip mulu. Terkadang kita melakukan kedipan mata secara sadar dan tidak sadar. Kurangi kedipan mata kamu kalau lagi ngomong serius sama orang, usahakan fokus sama lawan bicara kamu. Tapi kalau kita lagi di depan hp, atau laptop, gadget atau benda elektronik yang memancar sinar secara langsung, kita perlu meningkatkan kedipan mata kita. 

Kedipan mata itu bisa menimbulkan imej di depan orang lain, lho. Lakuin aja kedipan mata itu dengan santai dan sewajarnya. Kalau kita sering kedip-kedip mata nggak jelas, bisa jadi orang di sekitar kita menilai kalau kita sedang ketakutan atau ngejailin orang itu. Pada dasarnya,kecepatan mata kita tertutup dan terbuka bisa dimaknai secara berbeda tetapi saat kita melakukannya dengan lambat dan sedikit tersenyum, akan diartikan bahwa itu sebagai tanda keakraban atau sebuah simbol yang mengisyaratkan kata “ya”, “setuju.” Pada dasarnya, ini akan terjadi begitu saja dan tidak bisa selalu kita atur sebab saat melakukan sesuatu maka kita lebih fokus untuk menyelesaikannya ketimbang memikirkan bagaimana mata ini bergerak.

Manfaat Mengedipkan Mata

  • Mata disegarkan selalu sehingga tahan lama
Kalau habis bangun tidur kan kita susah banget tuh buat buka mata. Apalagi di sudut mata kita ada kotoran mata biasanya, itu harus dibersihin ya, guys. Dan kedipin mata kita beberapa kali supaya kita tahan lama, dan pas puasa, supaya kita kuat waktu sahur.


  •  Melembabkan bola mata
Air mata yang salin hampir sama susunannya (komposisinya) dengan cairan plasma pada darah. Aktivitas mengedipkan mata sangat bermanfaat untuk membuat organ ini tetap basah dan lembab. Ini seperti pelumas agar organ tersebut bisa bergerak leluasa ke kanan, kiri, atas, bawah dan tentu saja anti slip (untuk mencegah terjadinya goresan).


  • Menjernihkan/Mencerahkan pandangan
Terkadang pandangan kita kabur saat ada sesuatu yang masuk ke dalam indra penglihatan. Oleh karena itu kelopak selalu menutup dan membuka secara otomatis agar berbagai-bagai kotoran yang tidak sengaja masuk itu dieliminasi dari lapang pandang yang tersedia.


  • Mengeliminasi mikroorganisme
Cairan air mata yang salin mengandung garam (Na dan Cl), yaitu senyawa yang sangat bermanfaat untuk menghentikan aktivitas mikroorganisme yang terjebak baik secara sengaja maupun tidak sengaja di dalam bola mata.


  • Menekan pertumbuhan sel kanker
Sel-sel ganas bisa muncul dimana saja dalam tubuh manusia. Keadaan ini dipengaruhi oleh afinitas organ/ jaringan/ sel tertentu terhadap bahan kimia berbahaya (radikal bebas). Cairan air mata yang salin akan membantun mendetoksifikasi permukaan bola mata dari berbagai-bagai jenis toksin yang berasal dari bahan kimia berbahaya. Proses penetralan racun ini membuat jaringan di sekitar organ penglihatan terbebas dari resiko keganasan (sel kanker).
  • Membersihkan area dari debu
Pernahkah kamu melihat wiper di bagian depan mobil? Demikian jugalah fungsi kelopak mata manusia bahkan perannya lebih efektif dan efisien dari pembersih kaca ini. Permukaan bola mata terus terpapar dengan debu dan polutan bahkan ketika intensitasnya meningkat niscaya akan timbul rasa gatal sehingga anda perlu mengusapnya dengan saputangan. Peran kelopak mata lebih efisien dari saputangan yang anda miliki.


  • Mencegah iritasi mata
Saat mata terlalu sering digunakan dalam keadaan terbelalak (melotot), kemungkinan untuk terjadinya iritasi ringan semakin besar. Posisi mata melotot membuat cairan di permukaannya segera kering sehingga tidak lembab lagi. Keadaan inilah yang membuat mata terasa perih ketika digerakkan sebab terjadi gesekan yang kuat antara permukaan kelopak dengan permukaan mata (menyebabkan slip bahkan tergores halus). Sebab berhenti mengedipkannya maka berhenti pula melumasinya.
  • Mencegah glaukoma
Glaukoma adalah penyakit yang disebabkan oleh karena tersumbatnya aliran keluar dari cairan bola mata. Penyumbatan ini menyebabkan tekanan dalam bola meningkat drastis hingga 70 mmHg ke atas. Penyumbatan ini bisa saja disebabkan oleh pengaruh dari lingkungan luar yang memicu terbentuknya sel-sel tumor sehingga menahan aliran air mata. Tetapi bisa juga karena faktor metabolisme tubuh yang tidak efektif sehingga terjadi penumpukan pada daerah tersebut yang membuatnya tersumbat.
Gambar terkait

Nah, meskipun merupakan hal yang sederhana, namun mengedipkan mata itu harus kita lakuin secara teratur. Ok semoga berfaedah :)

2 komentar:

  1. Wah... Thanks for sharing loh XD Soalnya aku baru tau kalo ngedipin mata bisa menekan pertumbuhan sel kanker ;"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah, meskipun hal yang sederhana tapi ternyata manfaatnya besar

      Hapus