Sabtu, 23 Juni 2018

Kenapa Tulang Berwarna Putih?

maklum tulang eksis -_-
Hello gaessss
Selamat malam di malam yang agak gelap ini, *yawla*. Dapet inspirasi buat posting about tulang-tulang itu waktu nonton film horror. Tapi enggak tau apa, soalnya di Instagram. Di video itu, si ceweknya ketemu sama kerangka manusia gitu. Nah, entah menjurus kemana, aku jadi penasaran juga, apa yang bikin tulang kita berwarna putih?
Ok, mungkin ini simple question buat anak IPA, tapi aku anak orang jadi yaudah, karena ke-kepo-an yang sudah diluar batas, marilah reading postingan ini!
Di dalam kandungan
Kalau mungkin anak IPA atau anak normal pernah mikir gini "Tulang itu kebentuknya kapan sih? Kan dedek bayi kalo keluar dari kandungan (baru lahir) halus banget kulitnya dan bagian tubuhnya kayak nggak ada tulangnya *rasanya pengen banting kepala bayi kayak bola basket*  " Ok, abaikan ya tulisan yang dicoret :v
Jawabannya adalah, ketika kita masih di dalam kandungan, tulang-tulang kita memang sudah terbentuk. Awalnya dari sel, lalu membentuk lagi sel yang disebut sel tulang. Dan sel tulang itu akan menjadi tulang.
Hasil gambar untuk bayi baru lahir
Kenapa tulang keras?
Nah, seperti di pertanyaan sebelumnya, kan bayi yang baru lahir itu tulangnya masih empuk dan berasa nggak ada tulangnya gitu. Tulang itu disebut tulang rawan sendi, karena bentuknya seperti sendi. Semakin bertambahnya usia, tulang akan menjadi semakin keras. Tulang menjadi keras karena mengalami proses mineralisasi, yaitu dimana proses pembentukan berlangsung secara terus menerus.
Tulang Berwarna putih
Saat proses mineralisasi berlangsung, ada beberapa mineral yang berperan dalam proses ini, yaitu kalsium dan fosfor. Selain menyebabkan tulang menjadi keras, mineral ini juga berperan membuat tulang berwarna putih. Ada juga pendapat karena ini pembentukan zat kapur di dalam tubuh.
Tumbuh Tinggi
Saat masa pertumbuhan, tulang rawan pada anak-anak akan terus berkembang. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tulang ada banyak. Pertama, ada potensi untuk tumbuh tinggi, kedua, kecukupan gizi saat di dalam kandungan, dan ketiga makanan yang dikonsumsi setelah lahir harus mengandung gizi yang komplit. Terutama mengkonsumsi makanan yang ber-vitamin D.
Gambar terkait
Patah Tulang
 Bagi kalian yang pernah ngalamin ini, kejadian ini biasa kok terjadi pada tulang. Tulang patah dapat memperbaiki diri sendiri. Dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kalau kita mengalami patah tulang, jangan diurut ya, gaes, karena bisa memper-parah patah tulang kita. Sebaiknya bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang benar.
Bunyi-bunyi Tulang
Kadang kita suka meregangkan otot setelah bangun tidur, atau suka meregangkan tangan. Bunyi itu biasanya keluar "Pletak...pletek...pletak.." (yaaa kurang lebih syeperti itu).  Tapi bunyi-bunyi itu belum tentu berasal dari tulang. Soalnya belum ada riset yang menyebutkan kalau bunyi-bunyi itu berasal dari tulang, dan menyebabkan sesuatu yang berbahaya bagi tulang kita. Selain membuat tubuh menjadi tegak, tulang juga melindungi organ tubuh.
 Hasil gambar untuk patah tulang

Ok, gengs, semoga bermanfaat deh buat kalian.
See you!
cr: bobo

3 komentar:

  1. Berasa ngulang mapel Ipa kemaren nih:v huhuw aku pernah patah tulang XD ehh ternyata bunyi pletakpletak itu bukan bunyi tulang tah:v

    BalasHapus