Rabu, 27 Juni 2018

Perbedaan Mi dan Pasta Yang Kita Jarang Tahu


Sambil menonton karma (oke, ni jam dua belas lewat tiga belas menit) aku sempetin buat mosting. Sebelumnya, topik pembahasan kita adalah makanan Indonesia. Kalo yang ini juga makanan tapi bukan asli Indonesia, tapi terkenal di Indonesia dan mungkin salah satu diantara readers semua udah pernah makan. Yeah, makanan ini gampang didapetin, nggak kayak si Sehun, *susah tergapai*
Ok! Perbedaan mie dan pasta yang jarang kita tau! Let's reading :)
pasta *auto ngiler*
mie goreng *badasss*

Daerah Asal

Kalau mie, awalnya makanan ini berasal dari Tiongkok. Kemudian sekian lama berkembang dan tersebar di negara lainnya. Sedangkan pasta sendiri berasal dari Eropa, dan sampai sekarang ini pasta menjadi hidangan khas orang Eropa. Apalagi di Italia gitu banyak. Soalnya aku liat di iklan TV gitu, La Fonte 
Guys, kalo mie yang ini gimana? Oh, iya ini dari hati aku.
Gambar terkait

Komposisi Bahan
Walaupun kalau kita liat itu pasta sama mie itu mirip, tapi komposisi bahan dari pasta dan mie itu ternyata berbeda. Aku pikir sih sama. Mungkin yang membedakan cuman bumbu yang ada di pasta dan mie.
Biasanya mie terbuat dari tepung terigu atau gandum lembut, kentang, pati, garam, dan soba. Sedangkan pasta terbuat dari gandum (jenis gandum durum), soba, dan telur, dengan tambahan ekstrak sayuran. Beda tipis doang guys. Perbedaan jenis gandum inilah yang membuat tekstur mi cenderung lembut, sedangkan pasta cenderung lebih keras. (ooohhh)
Perbedaan jenis gandum ini juga membuat warna mi lebih terang daripada pasta. Penambahan garam pada pembuatan mi juga membuat rasa mi lebih asin daripada pasta.

Cara pembuatan
Kalau bahannya aja sudah beda, biasanya cara pembuatannya berbeda. Pasta dibuat menggunakan alat seperti pipa untuk dimasukkan ke adonan, kemudian dikeluarkan dan dipotong dengan mesin. Widiw...~ Bentuk potongan pasta juga beragam. Tau spaghetti nggak? Spaghetti itu merupakan salah satu jenis pasta yang bentuknya mirip banget sama mie.

Kalau mie, itu caranya adonan mie-nya diputar berkali-kali kemudian dipotong. Pembuatan mie biasanya menggunakan tangan seperti menyisir adonan hingga terpisah-pisah.
spaghetti

Penyajian
Readers bisa dengan mudah membedakan mi dan pasta dengan cara penyajiannya. Ehm, pasta biasanya disajikan dengan saus tertentu dengan gaya Eropa. Ditambah topping keju dan daging. Yummmyy..... Kalau mie, biasanya yang kita makan disajikan kadang berkuah, kadang juga goreng. Kalian liat iklan mie Indonesia kebanyakan kan berkuah gitu, kayak Mie rasa soto lamongan, rasa ini, rasa itu, wauww... enaaakk!! Mie biasanya juga disajikan mie goreng. Ada kriuk-kriuknya!
Kalo pasta makan pake sumpit, tapi kalau mie biasanya pakai sendok dan garpu :)
ada ember nggak? *buat wadah ngiler*
Terima kasih sudah mau membaca, semoga bermanfaat bagi para readers :)
See you yeorobun
http://bobo.grid.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar