Jumat, 10 Agustus 2018

My Favorite Books [#RANDOMPEOPLE]


Hai-hai lagi..
Selain suka tidur, aku juga hobi baca. Apa aja dah, terserah, novel, kitab (widihh), tapi yang penting hobi baca Al-Qur'an itu penting. Kalau buku cerita, aku lebih tertarik pada novel. Kalau pengen cari pembahasan masalah fikih, aku cari di hadist atau di kitab. Yaiyalah, masa' nyarinya novel cinta, wkwkwkkw... langsung aja yaaa.. jadi nanti aku pisahin antara buku sama kitab yang suka aku baca. Meski artinya sama, tetap aja kontennya berbeda, hehe...
Novel
Jadi disini aku suka novel yang berbau cinta + religi. Contohnya Assalamu'alaikum Calon Imam, Cinta Dalam Diam, Ana Uhibbuka Fillah, Bidadari Bermata Bening, dan masiiiihh banyak lagi. Di pondok aku bertebaran novel dari mulai yang genre cinta, petualangan, sejarah perkembangan Islam, dan lain-lain. Dan aku lebih suka minjem daripada beli. Novel-novel yang genre cinta islami ini mengajarkan kita pada cinta yang benar-benar dari Allah dan untuk Allah. Cinta kita murni kepada Allah, guys. Tapi di beberapa novel ini, kita cinta pada pasangan kita hanya untuk Allah saja.
    Novel ini bisa menjadi inspirasi kita yang lagi bingung mau pakai landasan yang kayak gimana. Pacaran atau enggak ya? Pacaran kan zina, jadi itu enggak boleh. Lebih baik langsung menikah saja, sudah halal dan enggak zina. Bahkan menikah adalah sunnah Rasulullah.
Hasil gambar untuk novel ana uhibbuka fillah Hasil gambar untuk novel assalamualaikum calon imam   Hasil gambar untuk novel cinta dalam diam
Novel Bidadari Bermata Bening ini menceritakan sosok AynaMardheya, seorang khadimah, atau kalau di pondokku namanya mbak dalem, dia itu peraih nilai ujian tertinggi se-Jateng. Sedangkan anak dari kyai disana, atau Gus, lebih lengkapnya Gus Afif mencintai Ayna sepenuh hati karena Allah. Tapi banyak halangan dan rintangan yang gak bisa kamu duga dari novel ini. Karya Habiburrahman El- Shirazy. Karya beliau yang lain, yang aku suka adalah Ketika Cinta Bertasbih.
Hasil gambar untuk novel bidadari bermata bening Hasil gambar untuk novel ketika cinta bertasbih
Yang genre kedua, aku suka cerita cinta anak sekolahan. Kan aku enggak ngalami tuh ya, cinta sama anak pondok putra sekolahku, kan enggak kenal. Jadi aku baca beberapa cerita anak SMA gitu. Ya, novel yang laris kan sekarang kayak gitu. Dan aku rekomendasikan sama kalian novel-novel karya Wulan Fadi. Itu bagus-bagus banget. A, R, S, Story of Seth, Matt and Mou, With Julian, and others. Ada juga beberapa novel yang aku suka di Wattpad kan banyak banget tuh pilihannya tinggal kalian milih deh :) Aku suka novel karya Esti Kinasih yang Jingga dalam Elegi, yammpun pernah baper gue...
Hasil gambar untuk novel matt and Mou Hasil gambar untuk novel jingga dalam elegi
Kalo yang ini sih bukan, novel, tapi ini cerita konyol yang dibuat para KPOP-ers buat memberikan kesan menyenangkan dari cerita konyol ini. Sesama KPOP-ers lah, gitu. Whatever, lucu-lucu banget tau novel-novel ini, bikin ngakak dan nyengsek juga, wkwkwkwk :) Ada banyak lho, EXO, Wanna One, BTS, dll.. Bagus nih buat acuan hiburan
Gambar terkait Hasil gambar untuk novel bts salah gaul Hasil gambar untuk novel wanna one
Nah, untuk cerita petualangan, aku rekomendasikan sama kalian itu serial Tere Liye Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Ceros dan Batozar, Komet dan Komet Minor (coming soon). Semuanya bagus banget, enggak ada yang enggak bagus. Di balik kisah Raib, Seli dan Ali, mereka juga belajar kekuatan lain. Saling memahami, ketulusan, persahabatan, rela berkorban, dan lain-lain. Diantara serial yang itu, aku suka sama Komet soalnya, disana ada Putra Tanpa Mahkota yang nyamar jadi Max, enggak nyangka banget! Tere Liye membuat para pembaca terjebak! Kelanjutannya masih samar-samar yellaaaahh... -_-
Hasil gambar untuk tere liye bumi   Hasil gambar untuk tere liye bumi   Hasil gambar untuk tere liye bumi
Hasil gambar untuk tere liye komet  Hasil gambar untuk tere liye komet  Hasil gambar untuk tere liye komet

KITAB
Dipondok, novel cuman jadi referensi dan bahan bacaan. Semestinya kita senantiasa membaca kitab kuning untuk pedoman kita dalam hal ilmu fiqih, balaghoh, shorof, nahwu dan semacamnya. Banyak, sih, santri yang enggak suka pelajaran kitab kuning (aku juga termasuk). Tapi, ya, untuk ilmu kita supaya barokah dipelajari aja sambil ikhlas mengarap ilmu yang bermanfaat (kata guru gue)

 Fathul Qorib : menerangkan ilmu fikih yang bisa kita gunakan pedoman untuk bersuci, sholat, zakat, haji, puasa, nikah, muzah, dan lain-lain. See, ini kitab pondok yang digunakan ujian kelas dua belas dan kitab yang wajib dibawa ketika MMK (Musyawarah Membaca Kitab)
Hasil gambar untuk fathul qorib Hasil gambar untuk fathul qorib
Tafsir Jalalain : Kitab ini enggak boleh ditaruh di lantai guys, letakkan di tempat yang terhormat. Karena di dalam kitab tafsir adalah tafsiran/penjabaran ayat suci Al-Qur'an
Gambar terkait Hasil gambar untuk tafsir jalalain
ta'lim muta'alim : Kitab yang berisi tentang kewajiban pelajar, kesabaran dalam menuntut ilmu, bertingkah laku pada guru dan teman, memanfaatkan waktu dengan baik, dan sebagainya.
Hasil gambar untuk ta'lim muta'alim Hasil gambar untuk ta'lim muta'alim
Bulughul Maram : Kitab hadist yang diriwayatkan oleh beberapa sahabat Rasul.
Gambar terkait Hasil gambar untuk bulughul maram
 Yeaaa sebenarnya masih ada banyak lagi kitab-kitab kuning yang aku suka, tapi aku lebih suka keempat kitab ini karena pemahaman materinya mudah.
Hope you like :)

1 komentar:

  1. uwee... semuanya pada rekomendasiin buku tereliye yang itu ya... aku sendiri belum baca sama sekali T_T

    BalasHapus