Jumat, 21 September 2018

My Role Model [#RANDOMPEOPLE]

Oke, di postingan random people aku yang berikutnya, yaitu My Role Model. Jadi, apa sih Role Model itu? "person who serves as an example, whose behavior is emulated by others" . Intinya tuh, seseorang yang memberikan teladan dan berperilaku yang bisa dicontoh oleh orang lain. Dan role model-ku yang utama adalah Baginda Rasulullah, Nabi Muhammad SAW.
7 sunah


Jangan bosan buat baca ya :) Insya Allah bermanfaat!

Sebagai umat muslim, kita menyembah pada Allah SWT yang telah melimpahkan segala nikmat yang tiada banding bahkan tidak bisa dinilai apapun. Siapa yang patut kita jadikan teladan di muka bumi ini? Ya, baginda Rasulullah.

Sekalian cerita sedikit ya. Muhammad artinya adalah "manusia yang terpuji". Sejak lahir, beliau sudah keadaan yatim. Dan di usia beliau yang ke-6, Ibundanya, yaitu Siti Aminah wafat di Abwa karena jatuh sakit. Kemudian beliau diasuh kakeknya, namun dua tahun setelah itu, Abdul Muthalib (kakek beliau) meninggal dunia. Beliau diasuh oleh pamannya Abu Thalib. Muhammad pun diangkat menjadi nabi dan rasul di usia 40 tahun. Dan wafat di usia 63 tahun.

Keteladanan beliau yang dapat kita pelajari itu banyak sekali, salah satu diantaranya :
  • Lurus lagi dipercaya. Beliau pernah dipilih oleh pemuka kaum Quraisy untuk menentukkan siapa yang berhak meletakkan hajar aswad ke Kakbah. Dan akhirnya, mereka bersama-sama  membawa hajar aswad dengan selembar kain putih yang besar dan tiap ujungnya dipegang pemuka kaum Quraisy.
  • Rendah hati. Pada suatu permusyawaratan, saat beliau datang dalam musyawarah itu, para sahabat menyambut beliau dengan berdiri, tapi beliau bersabda "Jangan saudara-saudara berdiri seperti itu, saya hanya manusia biasa seperti saudara-saudara,"
  • Penyayang. Ketika beliau melihat kucing kehausan, beliau memberi kucing itu air minum.
  • Pemaaf. Pada suatu han waktu zuhur, Nabi Muhammad tidur-tiduran di bawah pohon seorang din tiba-tiba datang seorang laki-laki membawa sebilah pedang terhunus di tangannya sambil mengacungkan pedang itu. Ia berkata, “Siapakah yang akan membelamu sekarang, hai Muhammad?” jawabnya, “Allah”. Tiba-tiba pedang tadi jatuh dan tangan orang itu. Lalu pedang diambil oleh Muhammad, seraya berkata,“Siapakah yang akan membelamu sekarang, hai laki-laki?” “Tak ada yang akan menolongku, kecuali jika engkau kasihan kepadaku,” sahutnya. Maka Nabi Muhammad memaafkan kesalahan orang itu.
  • Tidak mudah patah hati. Selama menyiarkan agama, baik di Mekah atau di Madinah, beliau selalu dianiaya dan dimusuhi orang. Bahkan kaum Quraisy telah sepakat hendak membunuhnya. Tetapi hal itu tak sampai melemahkan kemauannya.
  • Sederhana. Beliau tidak mau berbicara tentang hal yang tidak berguna. Dan ketika tertawa, beliau pun tidak sampai terbahak-bahak.
  • Pandai bergaul. Ada suatu kisah, Anas seorang pelayan dalam rumah tangga beliau. Ia pernah berkata, “Selama aku bekerja menjadi pelayan dalam rumah tangga Nabi Muhammad, kira-kira 10 tahun lamanya, belum pernah beliau berkata kasar kepadaku. Jika sewaktu-waktu teriambat atau salah pekerjaan, aku selalu ditegurnya dengan mulut manis. Dalam suatu perja1anan, Nabi Muhammad dan sahabatnya hendak memasak makanan. Masing-masing sahabat bekerja menurut kecakapannya. Ada yang menyembelih kambing dan ada yang memasaknya. Nabi Muhammad mencari kayu api. “Biarlah kaini saja yang bekerja, hai Rasul!” kata sahabatnya. Jawab Nabi Muhammad, “Saya tahu bahwa saudara sanggup mengerjakan semuanya. Tetapi saya tak suka begitu.”
  • Qanaah. Qanaah artinya selalu berusaha dan tak pernah merasa kecewa dengan hasil yang diperolehnya.
Banyaaaak sekali yang patutnya kita contoh dari Rasulullah, Manusia Ter-agung di muka bumi ini sepanjang masa. Subhanallah!


~
Kaligrafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar