Selasa, 11 Desember 2018

IPA? IPS? BAHASA?

Bagi pejuang UNBK 18/19 yang harus mempersiapkan diri, semangat ya, buddy! Habis UNBK, tentunya kita harus pinter-pinter dong milih jurusan yang cocok buat kita. Jangan sampai kita menyesal ke depannya dan terus-terusan mengeluh, kenapa kok gue gak pilih A aja ya? mungkin gitu :v Jadi, ini beberapa tips supaya kita gak salah pilih! Readmore
Hasil gambar untuk anak ipa
Kenalilah Kemampuan dan Bakat
    Hal ini bukan hal yang sepele gengs. Kalian harus bener-bener tau kemampuan dan bakat kalian itu di bidang apa. Jangan sampai pas kamu milih asal-asalan, kemudian udah beneran masuk program IPA, lalu disana kamu merasa agak terbebani karena itu bukan kemampuan kamu, terus kamu jadi down ke depannya. Kalau kamu down, kan bisa bikin stress dan sakit juga. Kecuali kalau kamu yang berbakat banget di bidang sains dan matematika, program IPA cocok buat kamu. 
     Supaya tau bakat kamu dimana, kamu bisa buka-buka nilai kamu dari SD sampai terakhir ini dan kamu berkembangnya di apa itu tergantung, oke :)

Cita-cita
    Well, cita-cita itu juga penting dan kita sudah harus punya cita-cita sejak sekarang. Misalnya kita pengen jadi duta besar, contoh duta besar Indonesia untuk Inggris. So, kita harus banyak-banyak belajar bahasa Inggris dan memperkaya kosakata. Jangan lupa buat belajar grammar supaya bentuk ucapan kita nggak hancur.

Jangan Percaya Mitos IPA VS IPS VS BAHASA
     Sering nggak kalau kalian denger mitos kek Wih, anak IPA mah rajin-rajin euy! atau kalo jadi anak IPS tuh hobinya mesti ngitung duit terus ya gak sih? *yaelah mana gue tau*
       Hati-hati guys, kadang mitos gituan kagak sepenuhnya benar!
Hasil gambar untuk mitos anak ipa
Orang Tua
    Sebagai anak, tentunya kita harus patuh kepada orang tua. Apa yang orang tua inginkan, kita harus berusaha mewujudkannya. Karena orang tua udah besarin kita dari bayi sampe segede ini. Untuk urusan kek gini, biasanya kita sering berbeda pendapat dengan orang tua. Misal kita pengen masuk Bahasa, dan orang tua menginginkan kita masuk IPS. Ada baiknya kita bisa saling terbuka dan saling memahami. Jelaskan rencanamu ke depan.

Jangan ikut-ikutan Teman
    Perhatikan ilustrasi berikut
Chanyeol : "Eh, lu mau masuk apa kalo SMA nanti?"
Baekhyun: "IPS lah, gue pengen jadi milyader,"
Xiumin    : "Emang kalo anak IPS bisa jadi milyader?"
Baekhyun: "Maybe,"
Chanyeol : "Yaudah, gue ikut Baekhyun ah masuk IPS,"
Xiumin    : "Gue juga ah,biar ada temennya,"

Jangan ditiru, gengs. Masa depan tuh ada di tangan kamu, bukan tangan temen kamu! Tentukan mulai sekarang, jurusan apa yang kamu pilih. Kalau di SMA yang kamu tujui itu cuman menyediakan 2 program, ya, pilih salah satu. Biasanya IPA / IPS. Tapi, di sekolah ku (MA Raudlatul Ulum) menyediakan 3 program unggulan. IPA / IPS / Bahasa

Kalo lo, Sa, milih jurusan apa? Udah ada bayangan?
   Gue sih, Insya Allah pengen masuk jurusan Bahasa.  Soalnya aku pengen bisa pinter banyak bahasa asing + penerjemah tafsir. Amin :)

Semoga bisa bantu kalian yang masih bingung buat nentuin jurusan ya friends! Bye bye!

4 komentar:

  1. Wakwkwkwk karakterkarakter ilustrasina loo XD dan aku alumni IPS *gaadaygtanyaa :D

    Kl Esa apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks, aku mah belum mikir mau masuk apa, kayaknya Bahasa.

      Hapus
  2. Suka seni dan bahasa, SMA masuk ke IPA, dan kuliah masuk ke IPS 🤭

    BalasHapus