Rabu, 19 Desember 2018

Jalan Raya di Surabaya Ambles! Apa Penyebabnya?

Hasil gambar untuk tanah di surabaya ambles

Ayee yeorobun
Baru aja gue dapet kabar berita dari temen gue di Surabaya, katanya ada jalan di Surabaya sana yang ambles beberapa jam yang lalu. Fenomena ini tentunya jadi sorot publik guys. Kok, bisa ya, amblesnya tanah ini hingga menimbulkan lubang sedalam 30 meter? Mau tau jawabannya? Check this out!
Hasil gambar untuk tanah di surabaya ambles

Kejadian ini bertepatan pada hari Selasa, 18 Desember 2018. Jalan yang amblas ini menimbulkan lubang sampai kedalaman 30 meter, guys. Akibatnya, Jalan Raya Gubeng di Surabaya ini terpaksa harus ditutup sementara. Nah, kejadian jalan raya ambles ini nggak hanya terjadi sekali, tapi pernah terjadi pula di beberapa kota di Indonesia, seperti Sukabumi dan Semarang.

Faktor tanah ambles ini dipicu dua hal, guys. Faktor alam dan faktor pengaruh manusia? Hmm.... kok bisa ya?

Faktor alam yang memicu terjadinya tanah amblas ini, bisa dikarenakan hujan, erosi, batuan yang kurang padat dan getaran. Sebelum hujan, kan ada musim kemarau yang menyebabkan penguapan air tanah terlalu banyak. 

Penguapan air ini bisa menyebabkan keretakan dengan lubang besar. Dan ketika musim hujan telah tiba, apalagi turun deras, air hujan akan membuat tanah jadi rapuh *kayak hati gue kalo ditinggal Wanna One* dan mudah ambles *bener-bener*

Selain itu, batuan yang kurang padat pada struktur tanah di suatu daerah bisa menyebabkan tanah ambles juga lho. Biasanya, tanah yang amblas karena batuan yang kurang padat ini didominasi oleh batuan kecil atau kerikil dan pasir saja sehingga tanah menjadi kurang padat.


Erosi tanah atau pengikisan juga bisa menyebabkan tanah amblas, guys. Erosi ini bisa disebabkan oleh faktor alami seperti angin, air, dan es. Tetapi, bisa juga karena faktor manusia yang melakukan penggalian. O iya, getaran seperti gempa bumi juga bisa menyebabkan tanah amblas karena tanah menjadi tidak stabil.

Hasil gambar untuk tanah di surabaya ambles

Faktor Manusia?

Beberapa faktor penyebab diantaranya adalah penggalian tanah yang berlebihan, adanya beban berat, adanya timbunan sampah, dan daerah tersebut menjadi tempat timbunan sampah.

Untuk mendapatkan air, manusia bisa melakukan penggalian tanah. Namun, apabila penggalian tanah dilakukan secara berlebihan sehingga mengurangi air tanah, akan membuat tanah kehilangan kekuatan dan mudah ambles.

Bisa juga disebabkan beban berat, contohnya gedung yang besar sampai menyebabkan struktur tanah tidak kuat menampungnya.

Timbunan tanah di lahan yang tadinya berlubang juga menjadi faktor lain tanah bisa amblas. Hal ini karena lahan tersebut ditimbun menggunakan tanah yang bukan struktur tanah asli, dan menyebabkan tanah di daerah tersebut menjadi tidak stabil, apalagi kalau tidak ada batuan di dalamnya.

Faktor terakhir yang menyebabkan tanah amblas adalah daerah tersebut dijadikan sebagai daerah pembuangan sampah, nih, teman-teman. Sampah yang masuk ke dalam tanah bisa membuat tanah kehilangan kekuatan dan kemungkinan besar mengalami tanah amblas.

Hasil gambar untuk tanah di surabaya ambles

Semoga berfaedah !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar