Kamis, 14 Maret 2019

10 Perpustakaan Unik, Betah Sampai Nggak Mau Pulang!

Books Crown Heights, Brooklyn | Joel Zimmer

Siapa yang hobinya baca buku?
Kalau kita baca buku, kadang kita lihat tempat dulu, dimana kita baca buku. Carilah tempat yang nyaman dan asyik kalau kita lagi baca buku. Pasti, ada hawa-hawa gimana gitu kalau tempat kita bagus dan cocok buat kita. Ada beberapa perpustkaan unik di dunia ini lho, yang bikin kamu kalau kesana, malah nggak pengen pulang! Sekalian aja nginep disana :)

Tianjin Binhai Library


Perpustakaan yang terletak di Tianjin, China ini, menampung hingga 1,2 juta buku di dalamnya. Desain perpustakaan ini terbilang unik karena auditorium bola di tengahnya terlihat seperti mata raksasa.

Selain itu dari lantai dasar hingga atas dinding bangunan perpustakaan ini dikelilingi oleh rak buku. Tahu gak sih, hanya dalam waktu tiga tahun perpustakaan yang dirancang oleh perusahaan perancang asal Belanda yaitu MVRDV, bekerja sama dengan Tianjin Urban Planning and Design Institute (TUPDI) dapat terselesaikan dengan sempurna dan dapat dibuka untuk umum.
Hasil gambar untuk tianjin binhai library

Vennesla Library and Culture House

Terletak di kota Vennesla, Norwegia. Perpustakaan yang berdiri pada tahun 2011 ini pernah memenangkan beberapa penghargaan arsitektur dan dipuji, baik di Norwegia maupun di luar negeri.

Helen & Hard, perancang desain bangunan ini mengembangkan konsep tulang rusuk untuk menciptakan struktur hibrida yang bisa digunakan yang menggabungkan konstruksi kayu dengan semua perangkat teknis dan interior. 
Hasil gambar untuk vennesla library

Seattle Public Library
Seattle Public Library, perpustakaan yang mampu menampung hingga 1,5 juta buku ini berlokasi di Washington-Amerika. Joshua Prince-Ramus dan Rem Koolhaas adalah perancang arsitek dari OMA-LMN.

Buka pada 23 Mei 2004, perpustakaan ini dibuat dengan kerangka baja besar dan kaca. Bangunan perpustakaan ini pernah masuk dalam 150 bangunan terfavorit di Amerika oleh American Institute of Architects
Hasil gambar untuk seattle public library

Mediatheque Puzzle de Thionville Library
Salah satu perpustakaan yang dikembangkan penuh kreativitas dan ide di kota Thionville-Perancis. Dirancang oleh arsitek Dominique Coulons Associes, perpustakaan ini dibuka pada tahun 2016. Lantai perpustakaan dari dasar hingga atas didominasi oleh warna hijau untuk memberikan nuansa alami dan ketenangan.

Di beberapa sudut perpustakaan terdapat sofa dan kursi nyaman yang bisa digunakan untuk membaca atau aktivitas belajar lainnya. Kalau melihat fotonya sepertinya seru banget, ya baca buku di sini.
Hasil gambar untuk Mediatheque Puzzle de Thionville Library

Library of Birmingham
Birmingham adalah salah satu kota yang berada di Inggris. Dan Library of Birmingham adalah perpustakaan kebanggaan yang dimiliki oleh kota ini. Library of Birmingham, tempat yang paling banyak dikunjungi ke-10 di Inggris.
Gambar terkait

Book Mountain Library
Berdesain Unik, 10 Perpustakaan Ini Bisa Bikin Kamu Betah Baca Buku!rogiervanderheide.com
Masih dengan proyek MVRDV, perancang Tianjin Binhai Library. Merancang kembali sebuah desain perpustakaan yang unik di Spijkenisse-Belanda yaitu Book Mountain Library. Dalam bahasa Indonesia berarti Gunung Buku.

Perpustakaan dengan kerangka kayu dan struktur kaca ini berbentuk seperti piramida. Begitu juga pada bagian dalam perpustakaan. Book Mountain Library pernah menjadi perpustakaan terbaik di Belanda dan memenangkan sejumlah penghargaan lainnya seperti Red Dot Design 2013 dan Dutch Wood Award 2012.
Gambar terkait

Tama Art University Library
Dibuka pada tahun 2011, perpustakaan milik Tama Art University ini menggabungkan bahan baja, beton dan kaca pada dindingnya. Lokasi kampus ini berada di Tokyo-Jepang karena Tama Art University adalah universitas seni.

Konsep perpustakaan juga harus mencerminkan dan mengispirasi kreativitas. Proyek perpustakaan ini di selesaikan oleh perancang Toyo Ito, pemenang Pritzker Architecture Prize.
Gambar terkait

Sandro Penna Library
Perpustakaan ini terletak di Perugia-Italy. Nama Sandro Penna Library diambil dari salah satu nama penyair yang lahir di Perugia yaitu Sandro Penna. Dibangun pada tahun 2004, perancang desain mengambil konsep agar terlihat seperti piring terbang.

Dengan dinding magenta yang transparan dan berbentuk cakram, memungkinkan banyak cahaya mengalir masuk dan menciptakan nuansa yang nyaman.
Gambar terkait

Hasil gambar untuk sandro penna library

Halmstad City Library
Halmstad City Library, terletak di area taman di Sungai Nissan menghadap ke inti sejarah Halmstad-Sweden. Desain bangunan yang di rancang oleh Lars Vejen ini, menyetarakan bentuk sepeti pepohonan yang berada di sekitar perpustakaan.

Menjulang tinggi dengan dinding kaca yang dimasing-masing sisinya mendapatkan pemandangan indah ruang taman tersebut. Di perpustakaan ini, terdapat 260.000 media dengan pilihan 50 bahasa yang berbeda-beda.
Gambar terkait

National Library of Sejong City
Dibuka pada 12 Desember 2013, National Library of Sejong City-Korea Selatan. Masuk dalam kategori 50 Perpustakaan paling indah di dunia. Jika dilihat dari luar, atap perpustakaan ini melengkung dimasing-masing sisi. Ditambah pemandangan Danau Sejong yang dapat dilihat oleh pengunjung di balik dinding kaca. 
Gambar terkait

Semoga bermanfaat!

dikutip dari : https://www.idntimes.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar