Selasa, 16 April 2019

Ternyata Ada 4 Manfaat Pemilu!

Heeeyyy...
Tepatnya hari ini, berlangsung diadakan pemilu serentak di seluruh nusantara. Siapa pun yang sudah punya hak untuk memilih, bebas untuk menyumbangkan suaranya untuk menentukan pemimpin kita kelak di masa depan. Nah, jangan-jangan diantara kalian sudah pada punya hak pilih? Wah, gunakan suaramu yang terbaik, ya :) Jangan sampai salah pilih! Nah, ternyata manfaat pula lho manfaat pemilu yang mungkin kita belum tahu sebelumnya. Baca terus ya

Gambar terkait

Indonesia termasuk negara yang memakai sistem demokrasi *yeeh, ini masuk pelajaran PKn* Dijelaskan pula bahwa pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di mana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung. Yang dimaksud dengan pemimpin politik di sini adalah wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat (parlemen) baik ditingkat pusat maupun daerah dan pemimpin lembaga eksekutif atau kepala pemerintahan seperti presiden, gubernur, atau bupati/walikota.

1. Pertama, pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk berpartisipasi dalam politik, seperti yang dituliskan oleh Samuel P Huntington dan Joan M Nelson dalam No Easy Choice: Political Participation in Developing Countries menyatakan, partisipasi politik adalah kegiatan warga yang bertindak sebagai pribadi-pribadi, yang dimaksud untuk mempengaruhi pembuatan keputusan oleh pemerintah. Jadi dapat dipastikan, partisipasi pemuda dalam pemilihan umum ikut menentukan berbagai kebijakan diwaktu mendatang.

2. Pemilu merupakan perwujudan kedaulatan rakyat, dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan rakyat pulalah menjadi unsur utama dalam membentuk sebuah negara. Pemilu menjadi salah satu dari berbagai sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat.

3. Pemilu merupakan sarana untuk melakukan pergantian pemimpin secara konstitusional. Suksesi kepemimpinan sangat diperlukan, untuk menumbuhkan berbagai gagasan baru yang lebih baik, bahkan melalui pemilu kita dapat mengeliminasi para pemimpin yang dirasa tidak dapat mengerjakan tugas yang telah diamanatkan kepadanya dengan cukup baik.

4. Pemilu merupakan sarana bagi pemimpin politik untuk memperoleh legitimasi (legitimacy/keabsahan). Dikatakan oleh David Easton bahwa keabsahan adalah: “Keyakinan dari pihak anggota (masyarakat) bahwa sudah wajar baginya untuk menerima baik dan menaati penguasa dan memenuhi tuntutan-tuntutan dari rezim itu. Dengan melalui proses pemilihan umum tentunya para pemimpin yang terpilih mendapat pembenaran dari rakyat untuk menjalankan serta menyuarakan apa yang menjadi aspirasi masyarakat.

Hasil gambar untuk pemilu manfaatnya

Semangat ya! 

4 komentar: